Stadion dan tempat-tempat latihan untuk pertandingan dilindungi asuransi Rp 43 triliun.

VIVAnews - Turnamen Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan telah diasuransikan dengan nilai lebih dari 6,2 miliar poundsterling atau sekitar Rp 83,3 triliun. Ini menurut Lloyd's of London, pasar asuransi terbesar di dunia.

FIFA, tim-tim nasional, penyiar resmi Piala Dunia, dan perusahaan lain yang terlibat dalam upaya menyukseskan perhelatan akbar tersebut telah diasuransikan. Pihak asuransi Lloyd mengatakan, stadion dan tempat-tempat latihan untuk pertandingan Piala Dunia dilindungi asuransi senilai 3,2 miliar pounds (Rp 43 triliun).

Tidak hanya itu, peluang-peluang bisnis lain yang berkaitan dengan ajang Piala Dunia juga terlindungi oleh asuransi terpisah senilai 3 miliar pounds. "Kompetisi, penawaran khusus, hadiah, sponsor, hak siar -mustahil untuk tahu berapa banyak jumlahnya- tetapi semua perusahaan dengan implikasi finansial tersebut butuh asuransi," kata Chris Nash, penanggung aktif asuransi di Sportscover, penyedia asuransi khusus olahraga, seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, Senin 7 Juni 2010.

Juru bicara Lloyd mengatakan, implikasi-implikasi tidak langsung tersebut mencakup mulai dari ritel-ritel yang menawarkan produk gratis bila tim tertentu memenangkan Piala Dunia, sampai kendala penyiaran karena pertandingan yang ditunda. "Kalau upacara pembukaan ditunda, itu akan berdampak pada stasiun televisi yang menyiarkannya karena slot iklan mereka tetap pada tempatnya," katanya.

"Sama juga kalau misalnya pertandingan final ditunda karena alasan apapun, orang-orang mungkin ingin uang tiket mereka kembali," lanjutnya.

Satu faktor penting yang belum masuk dalam uang asuransi sebesar itu adalah nilai polis asuransi untuk para pemain bila mereka mengalami sakit atau cedera.Tidak semua pemain dalam satu tim mendapat nilai asuransi yang sama.
Namun, menurut penanggung asuransi Peter Thompson dari Beazley, asuransi untuk cedera bagi pemain top saat berada di puncak karir paling tinggi bisa bernilai 40 juta pounds. Di atas nilai itu, pemain terkenal dengan status selebriti bisa terlindungi asuransi dengan nilai lebih besar lagi.

Klub-klub sepakbola sangat bergantung pada kualitas para bintang dan nama besar mereka untuk mendongkrak pendapatan klub dari kaos-kaos replika tim dan aksesoris lain. Reputasi itu juga perlu diasuransikan. Menurut Dan Trueman dari Kiln, sebuah merek pemain sepakbola kelas dunia bisa bernilai 10 juta pounds untuk dirinya sendiri. (umi)
• VIVAnews