10 produk buatan manusia yang terinspirasi dari makhluk hidup

Ini adalah 10 produk yang didesain menggunakan Biomimetics/terinspirasi dari makhluk hidup.
Langsung saja gan 

1. Kepala kerata api 
Spoiler for cool


 

Kereta peluru Jepang, Shinkansen seri 500, merupakan salah satu kereta tercepat di dunia. Kereta ini terinspirasi dari bulu burung hantu untuk mengurangi suara tekanan udara dan desain hidung kereta yang runcing terinspirasi oleh paruh burung pekakak. 


2. Cat Lotus 
Spoiler for cool


Daun Lotus/teratai/talas memiliki mekanisme pembersihan diri secara alami. Struktur mikroskopik dan kimia permukannya menyebabkan dedaunan teratai tidak pernah dapat basah. Ini disebut efek lotus. Berdasarkan efek lotus cat bernama “Lotusan” dikembangkan oleh Profesor dari Jerman, Wilhem Barthlott, dari Universitas Bonn


3. Hiu Suit (Fast Kulit Speedo) 
Spoiler for cool


Baju renang “Fast Skin Shark” dirancang oleh Speedo berdasarkan skala hiu. Telah diamati bahwa yang menjadikan ikan hiu mampu berenang cepat tidak lain adalah desain sisiknya. Tujuan pembuatan baju renang ini adalah untuk membantu para perenang agar dapat berenang cepat dengan mengurangi gesekan air. 


4. Gecko Tape (plester Tokek)
Spoiler for cool


 
Gecko Tape adalah plester permen karet yang dirancang oleh ilmuwan dari Universitas Manchester. pembuatannya terinspirasi kemampuan Tokek untuk berjalan di dinding dan langit-langit. Kaki Tokek memiliki struktur seperti rambut halus yang disebut setae yang menunjukkan kekuatan van der Waals. 


5. Mobil Mercedes Konsep Bionic 
Spoiler for cool


Mobil Mercedes dengan konsep bionik dirancang didasarkan pada bentuk tubuh boxfish. Boxfish ditemukan di habitat laut tropis. Mobil memiliki tubuh berbentuk heksagonal yang memiliki berat lebih ringan. Mobil ini dapat melakukan perjalanan 60 km. Mobil ini memancarkan oksida nitrogen 80% lebih rendah dan mengkonsumsi bahan bakar 20% lebih rendah. 


6. Velcro (ane nyebutnya “srepetan”)
Spoiler for cool


Velcro adalah merek terkenal dari kancing yang dirancang oleh Insinyur Swiss George de Mestral pada tahun 1940. Benda ini dirancang setelah pengamatan bagaimana kait tanaman “burrs” menempel pada bulu anjing dan celana. Pengamatan mikroskop menunjukkan sejumlah kait kecil pada tanaman tersebut.


7. The Eastgate Complex
Spoiler for cool


Kompleks Eastgate terletak di Harare, Zimbabwe dirancang oleh Insinyur Arup dipimpin oleh Mick Pearce. Kompleks ini dirancang karena terinpirasi desain ventilasi dari gundukan rumah rayap. Rayap membutuhkan rumah mereka untuk tetap pada suhu yang tepat dari 30,5 ° C sepanjang hari bahkan ketika suhu berkisar dari 1 ° C (selama malam) sampai 40 ° C (siang hari). Kompleks ini memiliki ventilasi alami proses pendinginan dengan jendela yang dirancang khusus berkerudung, dinding tebal variabel dan cat berwarna terang untuk mengurangi penyerapan panas. 


8. Pisau Turbin
Spoiler for cool

Sirip ikan paus berpunggung bungkuk sangat efisien dalam mendorong paus maju meskipun paus berukuran sangat besar. Efisiensi hidrodinamik terjadi karena adanya tuberkulum dari sirip. Biomechanist Frank Fish memasukkan desain ini dalam bilah Turbin angin dan telah mengamati bahwa mereka memproduksi lebih banyak energi dan lebih sedikit suara pada kecepatan rendah.


9. Smart Fabric (kain pintar)
Spoiler for cool


Smart Fabric (kain pintar) dikembangkan oleh peneliti Inggris yang melakukan penelitian di University of Bath's Centre. Kain baru ini dikembangkan berdasarkan mekanisme yang digunakan oleh kerucut pinus untuk menumpahkan benih mereka. Kain pintar melakukan hal yang sama, membuka ketika hangat, dan menutup ketat ketika dingin. 


10. Pemantul Mata Kucing (penanda margin dan pembagi jalur jalan)
Spoiler for cool


Setelah mempelajari tapetum lucidum (lapisan jaringan di mata hewan vertebrata), sel reflektor di mata kucing yang memantulkan cahaya walupun cahaya tersebut dalam jumlah sedikit, Percy Shaw pada tahun 1935 membuat reflektor yang sekarang digunakan di jalan untuk menandai margin dan membagi jalur jalan. 



Masih banyak produk buatan manusia yang terinspirasi dari alam.
Barangkali agan mau nambahin, ntar ane pajang di pejwan 





Tambahan
Spoiler for tambahan

Helikopter
Spoiler for helikopter



Helikopter Sikorsky dirancang dengan meniru rancangan sempurna dan kemampuan manuver dari seekor capung. MBB, perusahaan pembuat senjata dan roket, telah mengambil rancangan aerodinamis dan cara terbang capung sebagai acuan dalam pembuatan helikopter jenis BO-105. Perusahaan helikopter Amerika Serikat, Sikorsky, telah merancang desain baru dengan menjiplak secara langsung cara capung terbang pada helikopter. Proses ini ditunjukkan dengan gambar di atas dengan tahaptahap peralihan selama perancangan helikopter.