Melihat keunikan Macau International Airport



Macau International Airport,yang terletak di sebelah timur pulau Taipa dan dikelilingi oleh laut,merupakan satu2nya aiport di Macau dan kegiatan komersialnya dimulai pada November 1995.

Yang unik dari airport ini adalah letak runway yang dibangun di tengah laut sedangkan terminal utama dan ATC (air traffic control) berlokasi di pulau Taipa. Runway tersebut terhubung ke apron melalui dua jalur penghubung.

Airport ini dirancang untuk menampung 6 juta penumpang per tahun,dan mampu mengakomodasi hingga 2rb penumpang per jam. Airport ini memiliki 24 lahan parkir pesawat pada apronnya.

Meskipun secara fisik merupakan airport yang relatif kecil,namun airport ini mampu untuk didarati oleh Boeng 747. Fasilitas kateringnya jg mampu memproduksi lebih dari 10rb paket makanan per harinya..

Dikarenakan letaknya berdekatan dengan Hongkong,sebenarnya jika kita lihat dr googleearth,lokasi airport ini hanya seberangan dengan Hongkong Int airport (yang juga dibangun diatas pulau buatan)..
Airport ini dalam pembangunannya membutuhkan dana sekitar 800juta Euro. Besarnya biaya tersebut dikarenakan sulitnya membangun pulau buatan seluas 1,2 km2,tempat dibangunnya runway sepanjang 3,5 km

Nih gan data2 lengkap nih airport :
* Alluvium dredging : 20 millions m3;
* Sand underwater filling : 34 millions m3;
* Foundation stone : 3 millions m3;
* Acropodes, slope protection : 250,000 m3of concrete;
* Sea wall, pre-cast blocks : 80,000 m3;
* Vertical drainage : 8,700 Km;
* Vibrofloatation : 400,000 m2
* Construction of two connecting bridges, with 44 m wide decks and 3,000 m total extension, settled in 2,440 pre-cast Ø 0.80m piles (PHC), and 387 cast in situ Ø 1 m piles.
* Construction of a concrete runway, 3.360 m by 60 m, with a 0.70m granular base and a 0.90 m concrete pavement.
* Construction of the concrete and asphalt taxiways, 44 m wide and 1500 m long.

Nih gan gambar2 airport Macau,cekthisout :






























































Nih gan ternyata ada penerbangan lokal yg flight langsung kesana,harga masih promo murah bgt














JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah menerima sertifikasi IOSA dari IATA, Mandala mengumumkan rencana untuk memulai pelayanan penerbangan internasional. Hari ini, Mandala mengumumkan rencana terbang ke Singapura, Macau, dan Hongkong dari dua kota utama di Indonesia, yaitu Jakarta dan Balikpapan. Tiket penerbangan untuk rute internasional ini sudah bisa didapatkan mulai hari ini, Selasa (11/5/2010), untuk penerbangan mulai 25 Juni 2010.

Presiden Direktur Mandala Diono Nurjadin menyatakan, pembukaan pelayanan regional merupakan tanggapan terhadap meningkatnya permintaan perjalanan bisnis dan wisata. "Indonesia, Singapura, Macau, dan Hongkong telah menjadi pusat kegiatan bisnis dan wisata di wilayah regional selama beberapa dekade. Kami senang dapat memberikan alternatif perjalanan udara dengan harga yang kompetitif," kata dia.

Diono mengatakan, Mandala telah menanti untuk segera melayani rute regional sejak 2009. "Banyak mitra perjalanan dan penumpang yang terus menanyakan kapan Mandala terbang internasional. Sekarang, setelah Mandala diakui sebagai maskapai panutan dalam hal standar keselamatan internasional di Indonesia, kami siap melayani rute internasional," katanya.

"Harga promo ditawarkan mulai hari ini untuk menunjukkan komitmen Mandala dalam memberikan perjalanan udara yang aman tetapi tetap terjangkau. Kami senang dapat menawarkan harga terjangkau," tambah Diono.

Untuk merayakan penerbangan internasional perdana, Mandala memberikan harga yang sangat terjangkau untuk para calon penumpang yang memesan tiket terlebih dahulu.

Mandala meluncurkan harga promo mulai hari ini hingga 18 Mei untuk periode penerbangan 25 Juni 2010 hingga 30 November 2010. Tarif penerbangan ke Hongkong dan Macau dimulai dari harga Rp 899.900, tiket untuk rute Jakarta-Singapura mulai Rp 99.000, dan Balikpapan-Singapura mulai Rp 499.000.