Ikan Paus Nongol di Pantai Kuta

Spoiler for pic.


DENPASAR - Seekor ikan paus watna hitam tiba-tiba nongol dan berenang di sekitar Pantai Kuta, Bali sekira pukul 07.00 Wita tadi sebelum akhirnya hilang ditelan ombak.

"Tadi pagi ikan paus itu terlihat kepala dan siripnya saja, serta menyembur saat bernapas di atas permukaan laut," kata Made Mantra, anggota Satgas Pantai Kuta, Minggu (29/08/2010).

Ikan paus yang diperkirakan berukuran panjang dua meter itu sempat berputar-putar keliling di sekitar perairan di barat Hotel Kartika Plaza, Kuta.

"Sepertinya dia mencari ikan, namun tidak sampai membahayakan pengunjung pantai," kata dia.

Saat muncul di perairan, sambung Mantra, kondisi paus juga terlihat sehat dan tidak mengalami luka seperti terkena jaring atau benda tajam lainnya. Beberapa warga sempat menduga ikan tersebut jenis hiu sehingga dikhawatirkan bakal membahayakan keselamatan pengunjung pantai.

Namun setelah petugas meyakinkan bahwa ikan tersebut bukan hiu melainkan paus yang tidak berbahaya, para pengunjung justru tertarik melihat.

Pengunjung pantai termasuk para turis, tampak terhibur dengan pemandangan langka itu namun mereka melihat kejauhan saja. Paus tersebut juga tidak sampai terdampar di pinggi Pantai Kuta.

Petugas Badan Penyelamatan Wisata Titra (Balawista) Kuta, yang melihat hal itu segera terjun ke laut menggunakan jetski untuk menggiring ikan paus itu ke tengah laut.

"Kami berhasil mengawalnya ke tengah sampai akhirnya hilang di laut," kata Kepala Balawista Kuta, Kabupaten Badung, I Nyoman Suparka saat dihubungi terpisah.

Suparka menambahkan, perlunya mengeluarkan imbauan karena ikan tersebut tidak membahayakan bagi manusia.

Sebelumnya, pada Minggu 8 Agustus lalu, seekor ikan paus jantan sepanjang 2,80 sentimeter dan lingkar dada 160 sentimeter ditemukan terdampar mati di pantai Hotel Inna Putri Bali, Nusa Bali. Warga di sekitar Nusa Dua juga menemupam ikan paus terdampar di pantai Nusa Dua tepat pada hari Raya Galungan, 12 Mei lalu. Selama 2010, tercatat dua ekor paus terdampar mati di Bali.