7 Cerita Aneh Asal-Usul Perusahaan

Coca-Cola - Prohibition and Morphine Addiction

Fulton County Georgia menjadi daerah kering pada tahun 1886. Hal ini menimbulkan cukup dilema untuk John Pemberton, yang telah menjual kokain kick-ass dan campuran anggur disebut "Perancis Pemberton's Wine Coca" di toko obat itu. Kebutuhan menjadikan sumber penemuan, Pemberton terpaksa untuk mengembangkan versi non-alkohol minumannya, dan cikal bakal apa yang kita kenal sebagai Coca-Cola.
Beruntung bagi penggemar Coke, Pemberton adalah seorang pecandu morfin, dan memutuskan untuk menjual hak produk untuk pria berbagai usaha, termasuk Asa Griggs Candler. Candler akhirnya mengkonsolidasi kekuasaan produknya, dan bertanggung jawab untuk model produksi perusahaan waralaba dimana sirup konsentrat Coca-Cola dijual untuk pembotolan produksi akhir. Proses produksi produk desentralisasi diizinkan telah menyebar ke seluruh dunia dan menjadi ikon budaya seperti saat ini.

Spoiler for pic:
Quote:
FedEx – Blackjack
Selama hari-hari awal FedEx (Federal Express), pendiri Frederick Smith menemukan dirinya berjalan kekurangan uang untuk gaji perusahaan. Membutuhkan perjuangan dan kerja keras, Smith terbang ke Vegas dan mempertaruhkan masa depan perusahaannya di meja judi. Beruntung bagi karyawannya, Smith menang dan cepat kembali $ 27.000 untuk memenuhi tuntutan gaji. Perusahaan ini kemudian menjadi salah satu haulers pengiriman terbesar di dunia, dengan hampir 300.000 karyawan dan miliaran aset.
Spoiler for pic:
Quote:
Levi Strauss & Co. – The Gold Rush and Copper Rivets
Sering dikatakan bahwa meskipun tidak banyak orang menjadi kaya dari California Gold Rush, banyak orang menjadi kaya dari menjual pasokan ke penambang. Jenis sukses sering dikaitkan dengan ikon biru-jeans Levi Strauss, meskipun tidak semuanya akurat.
Memang benar bahwa Strauss menjual produk untuk para penambang, ia tiba di San Francisco dengan baik setelah puncak Gold Rush. keberhasilan aslinya lebih berkaitan dengan tembaga daripada emas. Paten proses yang dikembangkan dengan Reno penjahit bernama Jacob Davis, Strauss mulai menjual "overall pinggang" (kemudian dikenal sebagai jeans) dilengkapi dengan paku keling tembaga pada titik-titik strain seperti sudut saku dan kancing celana. Produk lebih tahan lama cocok dengan pekerja di barat, dan investasi Strauss 'di tembaga seperti layaknya dia menanam emas.
Spoiler for pic:
Quote:
Berkshire Hathaway – Fabric and Finance
Hotel ini dikenal sebagai sarana investasi untuk pakar keuangan Warren Buffett, Berkshire Hathaway telah membuat miliaran dengan menggunakan uang dari polis asuransi untuk berinvestasi di pasar saham dan akuisisi perusahaan lain.
Tapi asal perusahaan tidak dapat ditemukan di bidang keuangan, melainkan di kain.Jejak perusahaan akarnya ke produsen tekstil didirikan pada tahun 1839. Dengan penurunan umum dari industri tekstil AS setelah Perang Dunia I, perusahaan mulai fokus pada investasi untuk tetap bertahan. Buffet mengambil alih pada tahun 1962, dan pada tahun 1967 dia telah mengukuhkan peran perusahaan dalam dunia keuangan.
Spoiler for pic:
Quote:
Abercrombie & Fitch – From Gym Bags to Douche Bags
Abercrombie & Fitch paling dikenal karena menjadi seragam tas douche pilihan dari akhir 1990-an ke pertengahan tahun 2000-an. Tapi sebelum membuat baju rapi dan berkecimpung dengan homoerotisim di bawah umur di katalog, perusahaan itu sebenarnya produsen barang olahraga. Abercrombie & Fitch benar-benar dilengkapi Charles Lindbergh saat ia terbang melintasi Atlantik. Namun pada tahun 1988, Limited Brands membeli perusahaan dan mengubahnya menjadi merek yang Anda kenal dan benci hari ini.
Spoiler for pic:
Quote:
Nokia – From Paper to Paperless
Raksasa The Finish Telecom Nokia terkenal akan ponselnya. Tapi mengingat perusahaan tersebut telah ada sejak tahun 1865, dengan jelas dimulai sebagai sesuatu yang lain.
Sebelum pindah ke bisnis telepon pada tahun 1960, perusahaan ini dalam bisnis kertas. Tidak buruk, bagi perusahaan yang membantu pemerintah Estonia
Spoiler for pic:
Quote:
eBay – The Broken Laser Pointer
Programmer komputer Pierre Omidyar memulai situs pribadi pada tahun 1995. Sebuah tulisan dari situs ini digunakan untuk lelang online. Ketika sesuatu benar-benar menjual (laser pointer rusak), Omidyar sangat terkejut bahwa ia mengulurkan tangan kepada pembeli untuk melihat apakah itu sah dan untuk memastikan dia tahu item rusak. Pembeli terkenal menjawab, "Saya kolektor pointer laser yang rusak," dan lahirlah Ebay.
Spoiler for pic: