7 cara mengirit bensin motor Anda

Inilah beberapa cara hasil pemikiran ane agar bensin yg anda bakar sewaktu berkendara menjadi lebih irit, cara sederhana dan gak perlu keluar duit. awalnya ane bikin untuk motor, tapi kyknya berlaku juga untuk mobil deh)

1. Pemakaian gigi yg tepat di medan yg tepat

pertama: jangan memakai gigi rendah(gigi 1) secara terus menerus apabila anda berada di jalan raya yg sepi, apalagi dengan rpm tinggi. sebaliknya, kedua: jika Anda berada dalam gang yg mengharuskan Anda berjalan dengan lambat, jangan gunakan gigi tinggi(3 atau 4+) karena input gas tidak sepadan dengan output. ketiga: bila sedang dalam posisi jalan menurun, NETRALkan gigi Anda karena akan membuat motor Anda melaju dengan mulus

karena byk yg komplen bahaya jika gigi netral di jalanan menurun, ane tambahin kalo speed harus di seimbangkan dengan rem, jgn sampai terlalu kenceng juga

2. Kurangi BEBAN

semakin berat beban yg dipikul motor Anda, semakin besar pula bensin yg dibakar untuk memacu kendaraan Anda. agar irit, usahakan jgn ada teman yg nebeng di motor anda secara rutin(e.g. ke kantor/sekolah). mau yg lebih ekstrim? dengan diet tentunya, kurangi beban Anda sendiri.

3. Kurangi pemakaian REM(brake)

yang sudah pasti jika anda menggunakan rem Anda, berarti ada kecepatan yg terbuang, dan Anda perlu memicu gas Anda lagi untuk menambah kecepatan. solusinya adalah jaga jarak dengan kendaraan di depan, sehingga jika mereka memperlambat laju kendaraannya Anda tidak perlu repot2 langsung menginjak/menarik rem, tunggu saja terlebih dahulu. mungkin saja 1 atau 2 detik kemudian mereka langsung tancap gas lagi. juga membantu mengurangi kemungkinan kecelakaan bukan ?

4. Hindari jalanan macet

jaman sekarang di mana2 macet? jika itu yg terlintas dalam pikiran Anda, maka saya sarankan Anda pergi sepagi mungkin, dan pulang semalam mungkin, di mana jalanan akan lancar, tetapi kerugiannya Anda akan membuang waktu Anda dengan menunggu di tempat tujuan. jika Anda melakukan ini berarti Anda sangat NIAT dalam mengirit.

5. Kurangi jalan2

habiskan weekend Anda di rumah, otomatis tidak perlu bakar bensin Anda dengan bepergian. Nonton tv, bermain game atau tidur merupakan pilihan tepat dalam membunuh waktu.

6. Menjomblo

jomblo, lebih lama Anda menjomblo lebih bagus tentunya, karena tidak perlu mengantar jemput pacar Anda(sepertinya kurang berlaku buat cewek)

7. Matikan mesin dan Dorong

seringkali para pengendara motor malas mematikan motornya selagi mengantri di spbu. Lebih baik matikan, dan dorong. Bisa diterapkan sewaktu macet parah di jalan. Tidak macet pun bisa, siapa tahu Anda ingin berolahraga

semoga info ini bermanfaat bagi Anda.