Kanada Didesak Nyatakan Insiden 1984 Sebagai "Genosida"


http://www.suaramedia.com/images/resized/images/stories/3berita/1_6_as/insiden_1984_sikh%20_reu_200_200.jpg

TORONTO (Berita SuaraMedia) - Sebuah Mosi oleh seorang anggota parlemen Indo-Kanada meminta pemerintah Kanada menyatakan kerusuhan anti-Sikh tahun 1984 sebagai "genosida" yang diajukan di parlemen negara itu.
Sukh Dhaliwal, Anggota Parlemen untuk Newton-North Delta di pinggiran kota Vancouver, bergabung oleh Andrew Kania, Anggota Parlemen dari konstituensi dominan Punjabi dari Brampton Barat di pinggiran Toronto, dalam menyajikan mosi itu.
"Atas nama Kanada, saya di sini menyajikan sebuah petisi pada peristiwa tragis tahun 1984 di India," kata Dhaliwal, menambahkan bahwa "banyak orang Kanada di seluruh negeri yang menandai peristiwa ini dengan serius."
Membaca mosi yang dilaporkan ditandatangani oleh 10.000 orang, Dhaliwal berkata, "Para pemohon meminta pemerintah Kanada untuk mengakui bahwa sebuah kampanye kekerasan terorganisasi, pemerkosaan dan pembunuhan terjadi di India pada bulan November tahun 1984 terhadap masyarakat Sikh, yang mengakibatkan kematian ribuan masyarakat."
Dia mengatakan pemerintah Kanada harus "memanggil pemerintah India untuk mengambil tindakan untuk membawa semua orang yang bertanggung jawab untuk kampanye kekerasan terorganisir ke pengadilan. Ini termasuk proses pidana terhadap orang yang bertanggung jawab mengikuti proses hukum."
Menutup mosi itu, ia berkata, "Akhirnya, (Kanada harus) mengakui bahwa ini adalah pembunuhan terorganisir yang mengakibatkan kematian ribuan adalah genosida per konvensi PBB tentang pencegahan dan hukuman dari jenis genosida."
http://pakalert.files.wordpress.com/2008/11/india_1.jpeg
Kedua anggota parlemen yang mengajukan mosi itu tergabung dalam partai oposisi Partai Liberal yang pemimpin utamanya Michael Ignatieff telah menjauhkan diri dari mosi itu.
Kritik menggambarkan mosi itu sebagai upaya untuk mempermalukan Perdana Menteri Manmohan Singh yang datang ke Kanada untuk KTT G-20 akhir bulan ini.
Tapi Gurpatwant Pannun Singh, penasihat hukum Sikh untuk Keadilan, sebuah kelompok advokasi hak asasi manusia yang berbasis di New York yang mendukung gerakan itu, berkata "Pemimpin komunitas Sikh telah mengirimkan permintaan tertulis untuk bertemu dengan Perdana Menteri Singh untuk menolak gagasan bahwa komunitas Sikh Kanada mendukung segala bentuk militansi atau gerakan separatis."
http://photogallery.indiatimes.com/news/india/25th-anniv-of-1984-anti-sikh-riots/25th-anniv-of-1984-anti-Sikh-riots/photo/5195371/25th-anniv-of-1984-anti-Sikh-riots.jpg
Dia mengatakan, "Masyarakat Sikh menganggap India sebagai tanah leluhur mereka dan ingin India untuk berkembang secara ekonomi.
"Semua yang mereka inginkan dari India untuk bertindak atas tanggung jawab berkenaan dengan menyampaikan keadilan bagi korban genosida Sikh. Ini akan mengembalikan dan meningkatkan reputasi India di dunia dan akan membuat bangga diaspora India. "
Setelah diblokir oleh pemerintah Konservatif pada 9 Juni, Warga Sikh Kanada mampu memperkenalkan petisi tersebut.
"Kami tidak dapat dibungkam pada masalah ini ketika tidak ada orang yang menghadapi keadilan," kata Gurpatwant Pannun Singh, seorang penasihat hukum untuk Sikh for Justice. "Kanada dan dunia barat memiliki kewajiban hukum dan moral terhadap orang-orang Sikh yang menjadi korban pada pembantaian yang demikian Pemerintah India sekarang dipimpin oleh Manmohan Singh, yang sendiri adalah seorang Sikh, harus mengatasi kampanye untuk keadilan, untuk menghilangkan rasa kesedihan massa yang berlimpah dalam masyarakat Sikh.
"Hukum Internasional dan Kanada sangat jelas dalam masalah genosida dan mereka memilih untuk tidak menyebutnya genosida tidak menjelaskan perbedaan antara definisi itu dan peristiwa November 1984."
Sesuai aturan prosedur parlemen, permohonan (dengan 10.000 lebih nama) telah dirujuk ke Komite Urusan Luar Negeri yang tanggapannya jatuh tempo dalam 45 hari. Sementara itu, Sikh for Justice akan menulis kepada Komite Urusan Luar Negeri meminta sidang sebelum komite untuk memberikan bukti, dokumen dan saksi yang berkaitan dengan Genosida Sikh pada November 1984. Beberapa saksi adalah warga Kanada yang melihat pembunuhan anggota keluarga mereka pada bulan November 1984.
Jaksa Pannun lebih lanjut menyatakan bahwa, jika pemerintah Kanada menolak permintaan mereka untuk mendengar atau jika respon pemerintah untuk permohonan tersebut tidak memadai, Sikh Kanada akan bekerja untuk menampilkan mosi untuk membuat peristiwa pembunuhan Sikh November 1984 diakui sebagai genosida.
Permohonan diajukan kepada parlemen didukung oleh Ontario Gurudwaras Committee, Ontario Sikh dan Gurudwara Council, begitu juga dengan gurudwara di Quebec, Alberta dan B.C.
Pada tanggal 9 Juni 2010, sebuah upacara peringatan berlangsung di halaman depan parlemen yang dihadiri oleh lebih dari seribu anggota masyarakat Sikh, dan di mana banyak Anggota Parlemen menyuarakan dukungan mereka, termasuk: Andrew Kania, Sukh Dhaliwal, Bob Rae ( Toronto Centre), Rob Oliphant (Don West Valley), Bonnie Crombie(Mississauga Selatan), Kirsty Duncan (Etobicoke Utara), Dan McTeague (Pickering-Scarborough Timur), Mark Holland (Ajax Pickering) dan Jean Dorion (Boucher Longueuil-Pierre) . Pemimpin NDP Jack Layton juga menyuarakan dukungan dalam pernyataan sebelumnya.