10 Rekor Game Teraneh Versi Guinness World Records

Di buku Guinness World Records 2011 yang baru terbit ini berisi daftar rekor dari dunia video games. Ada rekor untuk pemain game tercepat, rekor perolehan skor di Xbox Live dan sejumlah rekor lain.

Dari sekian banyak rekor itu ada sejumlah yang bisa disebut aneh. Kenapa bisa begitu? Aneh karena rekor tersebut barangkali tidak pernah terbersit dalam pikiran kita.

Dari Wired.com kami mendapatkan daftar 10 Guinness Gaming Records Teraneh. Silakan simak satu per satu.

1. Game Yang Memiliki Hari Jadi
Pemenang: Sid Meier’s Civilization V

Gubernur Maryland Martin O’Malley mendeklarasikan 21 September 2010 lalu sebagai “Sid Meier’s Civilization V Day” atau Hari Sid Meier’s Civilization V Day”. Ini dilakukan untuk menghormati tanggal rilis game tersebut dan merayakan perkembangan industri game di negara bagian Maryland.

2. PNS Pertama Yang Dipecat Karena FarmVille
Pemenang: Dimitar Kerin

Kerin sebelumnya adalah pegawai negeri di lingkungan kota Plovdiv di Bulgaria. Di sebuah rapat penting dia menggunakan laptop dinas untuk memerah sapi-sapi di FarmVille yang ada di Facebook. Para anggota dewan-pun mengadakan voting dan hasilnya sebagian besar setuju supaya Kerin dipecat.
3. Rekor Paling Lama Bertahan di Level 6 Bintang di Grand Theft Auto IV
Pemenang: Henrik Lindholm

Lelaki asal Denmark ini bertahan selama 16 menit dan 16 detik di sebuah kontes game bertajuk Copenhagen eSport Challenge yang diadakan pada 13 April 2009. Di level tersulit tersebut Lindholm bertarung melawan polisi, snipers, helikopter dengan berbagai tembakan. Dan dialah peserta yang berhasil bertahan paling lama.

4. Rekor NFL Videogame Dengan Komentar Terpanjang
Pemenang: Madden NFL 2011

Versi terbaru game ini, Madden NFL 2011, memiliki komentar sepanjang 90.000 baris. Komentar tersebut diucapkan oleh Gus Johnson, Cris Collinsworth dan sejumlah suara dari beberapa aktor yang juga turut meramaikan game itu.

5. Rekor Koleksi Memorabilia Pokemon Terbesar
Pemenang: Lisa Courtney

Courtney memiliki koleksi barang-barang yang berhubungan dengan Pokemon sebanyak 14.410 buah. Jumlah itu tidak ada yang sama satu dengan yang lain. Courtney mendapatkan barang-barang itu dari negara-negara di Eropa, Amerika dan Jepang. Yang unik, barang sebanyak itu tidak termasuk Pokemon asli.

6. Game Facebook Pertama Yang Dikenai Sanksi Hukum
Pemenang: Scrabulous


Di tahun 2007 ada game bernama Scrabulous yang merupakan tiruan dari Scrabble. Game ini mampu menghasilkan $25.000/bulan dari para pengguna Scrabulous di Facebook yang berjumlah 2.4 juta orang. Mattel and Hasbro, pemilik Scrabble tidak mendapat royalti dan keuntungan apa-apa dari uang sebanyak itu dan mereka pun memutuskan untuk menggugat Scrabulous karena dianggap telah melakukan pelanggaran hak cipta. Tujuh bulan kemudian pengadilan menurunkan putusan untuk membekukan Scrabulous.

7. Videogame Dengan Kata-Kata Kotor Terbanyak
Pemenang: Mafia II

Sementara game-game bertema bandit action-adventure tidak mendapatkan penghargaan apapun di Game of the Year tahun 2010, maka Mafia II ini masih mampu bertahan dalam kategori game dengan kata-kata terkotor. Game ini berisi rata-rata 397 F-bom dalam durasi permainan 12 jam. Itu berarti ada 33 kata kotor/jam, atau satu kata makian setiap dua menit permainan.

8. Pemegang Rekor Game ‘Cooking Mama’ Terbanyak
Pemenang: William Willemstyn III
 
Willemstyn adalah seorang berkewarhanegaraan Amerika yang telah menyabet 9 rekor berbeda dari versi DS Cooking Mama. Di dalamnya termasuk rekor memecah telur, mengupas udang, dan mengiris cabai. Ya, Willemstyn hanya bisa melakukan semua itu di game Cooking Mama, tidak di dunia nyata

9. Rekor Ragam ‘Death-Animation’ Terbanyak
Pemenang: Resident Evil 4

Game horor-action Resident Evil 4 memenangkan rekor ini karena di dalamnya terdapat 47 animasi yang menggambarkan cara mati dari tokoh protagonis Leon Kennedy. 47 animasi itu antara lain mati dengan kepala terpancung, mati tenggelam dan mati karena tusukan pisau.

10. Rekor Game Dengan Properti Virtual Termahal
Pemenang: Crystal Palace Spec Station
 
Stasiun luar angkasa Crystal Palace adalah bagian dari Entropia Universe, sebuah game multiplayer online yang memiliki fitur transaksi uang yang didasarkan pada nilai tukar mata uang asli. Gamer asal Amerika Erik Novak sampai mengeluarkan 3,3 juta dolar dalam mata uang game Crystal Palace, setara dengan $330.000 uang asli, untuk membayar Crystal Palace Spec Station.