Pria Selundupkan 43 Kadal di Celana Dalam





WELLINGTON - Seorang wisatawan Jerman yang hendak pulang ke negaranya usai berlibur di Selandia Baru terpaksa harus memperpanjang liburannya di penjara, setelah tertangkap berusaha menyelundupkan kadal.

Hans Kubus (58) tertangkap oleh pihak keamanan Bandara Christchurch pada pekan lalu, setelah ketahuan menyimpan 43 ekor kadal langka. Cara kubus untuk menyelundupkan binatang-binatang ini juga unik. Pria tersebut menyembunyikan barang selundupannya di dalam celana dalam yang ia kenakan.

Seperti dilansir AFP, Selasa (8/12/2009), pihak keamanan setempat menemukan sebuah paket kecil yang dilengkapi delapan bilik terpisah, untuk menyimpan spesies kadal yang bervariasi. Selain di celana dalamnya, petugas pengawas bandara juga menemukan seekor hewan reptil tersebut di bagasi Kubus. Kadal tersebut ia taruh di dalam gulungan kaus kaki.

Warga Jerman tersebut akhirnya mengakui jika dirinya secara sengaja berusaha menyelundupkan kadal-kadal tersebut. Pada perdagangan pasar gelap di Eropa, kadal yang dibawa oleh Kubus dihargai sekitar USD39.000 atau setara dengan Rp368 juta.

Selain gagal menikmati hasil selundupannya, Hans Kubus kini bersiap untuk menjalani persidangan di Pengadilan Christchurch. Vonis terhadapnya sendiri akan dijatuhkan oleh pihak pengadilan pada 25 Januari tahun depan. (faj)