Mengenal Hiu Sixgill, Raksasa dari laut dalam

Hiu sixgill, atau griseus Hexanchus adalah spesies umum hiu perairan dalam. Ini juga merupakan salah satu dari hiu terbesar yang memakan mangsa selain plankton. Hiu ini mendapatkan namanya dari fakta yang memiliki enam (six) insang (gill), tidak seperti kebanyakan hiu lain yang hanya memiliki lima insang. Ia juga dikenal dengan nama lain, seperti Hiu sapi atau Hiu lumpur. Spesies primitif ini adalah salah satu dari beberapa anggota yang masih hidup dari keluarga Hexanchidae. Hal ini terkait dengan dogfish sekarang dan hiu Greenland, meskipun jauh lebih erat berhubungan dengan spesies yang hanya ditemukan di fosil. Beberapa kerabat hiu sixgill's berasal lebih dari 200 juta tahun yang lalu.

Hiu sixgill memiliki tubuh kuat, membulat dan moncong tumpul. Bahkan, kadang-kadang disebut sebagai hiu sixgill bluntnose. Salah satu karakteristik yang paling membedakan adalah kenyataan bahwa hanya ada satu sirip punggung, yang terletak di bagian belakang tubuhnya dekat ekor. Kebanyakan hiu lainnya memiliki sirip punggung pada punggung di dekat pusat tubuh mereka. Sixgill berkisar dalam warna dari cokelat atau berwarna coklat sampai abu-abu atau bahkan hitam. Memiliki mata kecil,berwarna hijau neon dengan pupil hitam. Spesies hiu besar ini dapat tumbuh dengan panjang hingga 18 kaki (5,4 meter). Para perempuan umumnya lebih besar daripada laki-laki.

Meskipun hiu sixgill biasanya lambat dan lamban, struktur tubuh mereka memungkinkan mereka untuk mencapai kecepatan tinggi ketika mengejar dan menangkap mangsanya. Mereka adalah predator karnivora, pada umumnya makan cumi, krustasea, ikan, dan beberapa mamalia laut. Hiu ini menghabiskan sebagian besar waktu mereka di perairan dalam di siang hari. Pada malam hari, mereka melakukan migrasi vertikal sampai ke perairan dangkal untuk makan. Selama waktu ini, tidak jarang bagi mereka untuk bertemu dengan para penyelam, tetapi mereka biasanya tidak berbahaya bagi manusia kecuali diprovokasi.

Karena gaya hidup soliter Hiu Sixgill, sangat sedikit yang diketahui tentang perilaku reproduksi mereka. Banyak ahli biologi percaya bahwa mereka bertemu secara musiman, pindah ke perairan dangkal antara bulan Mei dan November untuk kimpoi. Hiu Sixgill adalah ovoviviparous, yang berarti bahwa telur dibawa di dalam tubuh ibu sampai mereka menetas. Setelah menetas, masih berada dalam tubuh ibu, anak hiu Sixgill telah dikenal untuk makan telur yang tidak dibuahi dan bahkan satu sama lain. Hiu muda ini, dikenal sebagai pups, sedikit lebih dari dua kaki (sekitar 70 cm) panjangnya saat mereka lahir. Warna pups lebih cerah daripada Hiu dewasa, yang membantu mereka untuk menyembunyikan mereka dari pemangsa. Ada kurang lebih 22 sampai 108 ekor anak lahir pada waktu tertentu. Karena angka-angka yang besar, ia berpikir bahwa ada tingkat kematian yang sangat tinggi di antara pups dan tidak banyak yang bertahan hingga dewasa. Mereka yang bertahan hidup diyakini dapat hidup sekitar 80 tahun di alam liar.

Sixgill hiu memiliki distribusi terluas dari semua hiu, kecuali mungkin hiu putih besar. Mereka ditemukan di seluruh dunia di daerah subtropis dan tropis, di mana mereka telah dikenal untuk menyelam sedalam 6.000 kaki (lebih dari 1.800 meter). Mereka lebih biasanya ditemukan pada kedalaman sekitar 300 kaki (90 meter). Hiu ini telah diamati bisa pindah ke air dangkal hingga 100 kaki (30 meter) di beberapa lokasi. Hal ini belum diketahui mengapa mereka melakukan hal ini. Karena tingkat reproduksi mereka yang rendah, mereka dapat dengan mudah punah. Mereka ini telah mencapai status dekat-terancam pada daftar global spesies langka. Tapi karena kita tahu sedikit tentang populasi mereka, banyak ilmuwan percaya bahwa mereka bisa berada dalam bahaya kepunahan.


Sumber nya gan...

http://www.seasky.org/deep-sea/sixgill-shark.html


Beberapa penampakan Hiu Sixgill gan...












untuk videonya bisa di liat di sini...

http://www.youtube.com/watch?v=KNkFyjbPPII