Lebaran, Operator Selular Panen Uang

Kenaikan penggunaan layanan operator selular terutama pada layanan pesan singkat (SMS).
VIVAnews - Musim lebaran membawa berkah juga bagi operator selular. Puncak Lebaran tahun ini sejumlah layanan operator mengalami kenaikan.

Untuk Telkomsel sendiri, layanan pesan singkat atau SMS meningkat 11 persen menjadi 809 juta SMS dibandingkan hari biasa, demikian rilis yang diterima VIVAnews, Sabtu 11 September 2010.

Selain SMS, peningkatan trafik juga terjadi pada layanan data yang mengalami lonjakan sebesar 26 persen menjadi 41 terabytes dari trafik data 32 terabytes pada hari normal.

Sementara itu, penggunaan layanan komunikasi untuk menelepon mengalami penurunan, di mana trafik yang sukses dilayani 832 juta menit atau menurun 6 persen dibanding trafik suara di hari normal sekitar 884 juta menit.

Pada Lebaran tahun ini, penggunaan layanan SMS Telkomsel tertinggi tercatat di wilayah Jabotabek dengan trafik mencapai 324 juta SMS.

Sementara operator XL, PT XL Axiata Tbk, juga mengalami lonjakan di hari Idul Fitri, kemarin, dengan kenaikan sekitar 31,4 persen untuk percakapan dari waktu normal 510 juta menit di hari biasa.
Sementara untuk SMS, XL melayani: 587 juta SMS pada puncak Lebaran atau naik 24,9 persen dibanding hari biasa. Kenaikan SMS tertinggi XL terjadi H-1 dengan 645 juta SMS.
• VIVAnews