Hong Kong Hit By Record 13,000 Lightning Strikes in One Hour





Hong Kong Observatory melaporkan 13.102 gulungan petir menghantam tanah di seluruh kota dalam satu jam setelah tengah malam. Itu paling karena data tersebut pertama kali dikumpulkan pada tahun 2005, kata David Hui, seorang perwira ilmiah di observatorium. Badai mengamuk dari 09:00 kemarin sampai 4 sekarang ini.

hembusan angin lebih dari 100 kilometer per jam tercatat di distrik Tai O di 12:40, menurut sebuah buletin observatorium cuaca. Lebih dari 40 milimeter hujan satu jam tercatat di seluruh wilayah selama badai, menurut situs observatorium.

Polisi dan petugas pemadam kebakaran menanggapi banjir di sebuah desa di utara New Territories tak lama sebelum tengah malam, kata juru bicara polisi yang menolak disebutkan namanya mengutip kebijakan pemerintah.

Lima laporan tentang penduduk yang terjebak di lift diterima, menurut juru bicara untuk Pelayanan Informasi Departemen pemerintah.

Cuaca dikaitkan dengan Meranti Badai Tropis, yang bergerak ke utara melalui Laut Cina Selatan, menurut Sai-Chan tik, bertindak ilmiah perwira senior di observatorium. Pola cuaca menjelang Meranti disebabkan suhu tinggi di Hong Kong dan Cina selatan kemarin.

"Itu menyebabkan akumulasi energi yang besar dan sangat tidak stabil kondisi siang itu," kata Chan dalam wawancara telepon. "Energi itu kemudian dibebaskan tadi malam."