10 Gletser Tropis yang Akan Lenyap di Dunia (Termasuk di Indonesia)

Qori Kalis Glacier, Quelccaya Ice Cap, Peru

Spoiler for :


GletserQori Kalis di Andes Peru hilang dengan kecepatan lebih cepat dari 50 abad yang lalu. Diperkirakan bahwa gletser akan lenyap sama sekali dalam 5 tahun mendatang. Qori Kalis, gletser tropis terbesar di dunia.

Spoiler for :


Selain hilang secara dramatis dari gletser Qori Kalis itu sendiri, aspek paling mengkhawatirkan dari foto di atas adalah danau glasial baru yang telah terbentuk dari lelehan air. Danau dengan ketinggian seperti ini sering tidak stabil dan tiba-tiba akan terjadi peristiwa seperti gempa bumi dan / atau melahirkan tsunami besar air dingin yang mengalir ke dalam lembah penduduk di bawahnya.
Quote:
Glaciers of the Rwenzori Range, Uganda and DRC, Africa

Spoiler for :


Puncak yang tertutup salju dari Rentang Rwenzori melambung tinggi hingga 16.761 kaki (5.109 m) tingginya dan disebut oleh orang-orang Romawi kuno sebagai Mountains Of The Moon. Ketinggian tidak dapat melindungi gletser Rwenzori dari dampak pemanasan global. Namun, Sebuah survei yang diambil pada tahun 1906 menunjukkan 43 gletser dengan luas total 2,9 mil persegi (7,5 sq km) yang tersebar di 6 es gunung kisaran tertinggi, sekitar setengah dari total es glasial Afrika terkunci ke dalam sungai beku. Satu abad kemudian, lebih dari separuh es telah menghilang, meninggalkan hanya 0,6 mil persegi (1,5 km persegi) di 3 pegunungan diantara 7 pegungungan lainnya.


Spoiler for :

Quote:
Glaciers at Iztaccíhuatl, Mexico

Spoiler for :


Tidak banyak gletser di Meksiko dan segera akan tidak ada. "Kami memperkirakan gletser bisa bertahan lagi 20 atau 30 tahun," kata Hugo Delgado, seorang glaciologist dari universitas UNAM di Mexico City. Dua puluh tahun yang lalu gletser ada di tiga gunung Meksiko: Popocatepetl, Iztaccihuatl dan Pico de Orizaba. Pada tahun 2000 gletser Popocatepetl sudah lenyap meskipun serangkaian letusan di tahun 1990-an tentu mempercepat hilangnya gletser tersebut.


Spoiler for :


Gletser Iztaccihuatl telah menyusut sekitar 70 persen sejak tahun 1960. Universitas Kristen glaciologist Zurich Huggel dalam penilaiannya yang menyatakan "gletser Iztaccihuatl ditakdirkan untuk mati."
Quote:
Puncak Jaya, West Papua, Indonesia

Spoiler for :



Puncak Jaya, juga dikenal sebagai Piramid Carstenz, berdiri 16.024 kaki (4.884 m) dan puncak gunung tertinggi di wilayah Oseania. Gunung ini sangat cantik karena merupakan salah satu gunung yang memiliki gletser dari beberapa gletser di dunia khatulistiwa tepat di puncaknya, meskipun mereka menyusut cepat. Foto-foto di atas tanggal dari tahun 1936 (kiri) dan 1972, sementara NASA citra Landsat tanggal dari Mei 2003. Glacier Meren telah menghilang seluruhnya.


Spoiler for :


Gambar NASA di atas dari tahun 2005 menunjukkan sisa-sisa gletser Puncak Jaya, sekarang dibuka Tambang Grasberg. Lubang itu adalah emas terbesar di dunia tambang dan tambang tembaga ketiga terbesar.
Quote:
Chacaltaya Glacier, Bolivia

Spoiler for :



Chacaltaya gletser, Bolivia tingginya 17.400 kaki (5.300 m). Chacaltaya gletser selama lebih dari 70 tahun tapi seperti gletser itu sendiri, segala sesuatu yang baik harus berakhir. Kurang dari satu dekade lalu resor ski Bolivia hanya mampu melayani para pemain ski dan snowboarders, meskipun dengan setiap tahun melewati dasar salju menjadi lebih tipis dan singkapan batuan diterobos pernah dekat dengan berjalan tersisa. Gambar di atas, atas, menunjukkan lereng pada tahun 2004.

Spoiler for :

Quote:
Sierra Nevada Glaciers, California, USA

Spoiler for :

Gletser California's Sierra Nevada mencakup rentang Gletser Lilliput terletak di Tulare County, 16 mil sebelah utara Taman Nasional Sequoia. Gletser Lilliput adalah gletser selatan di Amerika Serikat. Sebagian besar gletser Sierra Nevada telah dipantau secara teratur dan difoto selama abad yang lalu atau lebih. Rangkaian sebelum dan sesudah foto di atas cukup mengejutkan. Dari puncak down Dana Glacier (Agustus 1883 - 8 September 2004), gletser Lyell (7 Agustus 1903 - 14 Agustus 2003) dan Darwin Glacier (14 Agustus 1908 - 14 Agustus 2004).

Spoiler for :

Sebagian besar gletser pada rentang Sierra Nevada terletak di utara-timur laut di mana sinar matahari terang California tidak dapat langsung mengenai mereka. Berbayang atau tidak, Namun, peningkatan suhu tak terelakkan.
Quote:
Mount Kenya, Africa

Spoiler for :

Gunung tertinggi kedua di Afrika setelah Gunung Kilimanjaro, Gunung Kenya berdiri 17.057 kaki (5.199 m) dan lereng terkikis pelabuhan 11 gletser menyusut dengan cepat.

Spoiler for :

Lokasi Gunung Kenya begitu dekat dengan garis khatulistiwa selain itu, wilayah ini lebih kering daripada di masa lalu dan menerima curah hujan kurang dalam bentuk hujan atau, di ketinggian, salju. Gletser Gunung Kenya (Lewis Glacier, yang terbesar, ditampilkan di atas) dengan demikian tidak diisi kembali dan diperkirakan mereka semua akan hilang dalam 20 sampai 30 tahun mendatang.
Quote:
Monte Perdido’s Glaciers, Spain

Spoiler for :

Monte Perdido (Mont Perdu dalam bahasa Perancis) berarti "Lost Mountain" - dan akan kehilangan gletser yang kadang-kadang dalam 40-60 tahun mendatang. Tidak seperti gletser lainnya, yang di Monte Perdido bukan sisa-sisa Zaman Es besar ribuan tahun yang lalu melainkan musin dingin yang mencengkeram Eropa antara sekitar 1540 dan 1880.

Spoiler for :

Sejak luas permukaan puncak mereka 1.779 hektar di tahun 1894, gletser dari Pyrenees, Spanyol telah menurun sebesar 85 persen menjadi hanya 290 hektar pada tahun 2000. Penurunan ini belum secara bertahap: 52 persen dari kerugian tersebut terjadi dalam 20 tahun terakhir dan 30 persen terjadi pada dekade menjelang tahun 2001.
Quote:
Mingyong Glacier, Yunnan, China

Spoiler for :

Glacier Mingyong di provinsi Yunnan Cina merupak gletser negara terendah dan paling selatan di lintang. Fed oleh hujan salju pada 22.107 kaki (6.740 m) Gunung Meili, Glacier Mingyong memiliki sumber tetap dan berlimpah es namun lenyap sekitar 650 ft (200 m) dalam empat tahun terakhir.


Spoiler for :

Secara keseluruhan, gletser besar sekali-di wilayah Tibet yang mencair jauh di tingkat tahunan sebesar 7 persen.
Quote:
Glaciers Of Mount Kilimanjaro, Tanzania, Africa

Spoiler for :


Ini biasa indah, Gunung Solitary yang berada 19.331 kaki (5.892 m) di atas dataran Afrika Timur dan telah dimahkotai dengan tutupan putih menyilaukan es selama 12.000 tahun. Sayangnya, 85 persen gletser Kilimanjaro menghilang antara 1912 dan 2007 dan negara ahli menyatakan bahwa pada tingkat saat ini bidang es yang tersisa akan hilang hanya dalam 20 tahun - mungkin lebih cepat.

Spoiler for :

Perbandingan foto udara di atas layar atas resesi mengejutkan salju Kilimanjaro dalam rentang waktu 13 tahun saja (1992-2005). Pasangan gambar di bawah membandingkan Februari 1993 dengan Februari 2000.