Waduk Gajah Mungkur Wisata Murah Meriah



Quote:
Akhir pekan rasanya sangat me nyenangkan bila dihabiskan bersama keluarga, teman atau orang terdekat kamu. Namun bosan rasanya bila tempat yang dikunjungi hanya ituitu saja.

Waduk Gajah Mungkur yang ter letak di Kabupaten Wonogiri bisa menjadi alternatif tempat berlibur. Jarak yang ditempuh tidak begitu jauh dan kita bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Perjalanan dari Kota Su rakarta bisa melalui Su koharjo.

Jalan yang ditempuh pun tidak merepotkan walau pun sedikit terdapat jalan berkelokkelok men dekati Wonogiri. Hanya bu tuh 30 menit untuk me nempuh ja rak sekitar 32 kilometer jika berangkat dari Kota Surakarta meng gu nakan kendaraan pri badi.

Jika memulai perjalanan dari Kabupaten Sukoharjo per jalanan yang ditempuh relatif singkat. Hanya 17 kilometer atau kurang lebih 20 menit. Apabila belum pernah ber kunjung ke Wonogiri, ramburambu dengan mudah akan memban tu menemukan jalan yang tepat.

Perjalanan menuju Wono giri terbilang cukup lancar, karena kendaraan yang melaju tidak begitu padat. Bahkan cenderung tertib. Sepanjang perjalanan masih banyak dijumpai areal persawahan yang membentang luas di sepanjang jalan. Tidak jarang areal pe pohonan yang cukup rim bun juga masih ter ben tang.

Jika ingin menikmati peman dangan waduk, sesam painya di areal Waduk Gajah Mungkur lebih baik langsung menuju Taman Waduk Gajah Mungkur. Dengan membayar tiket masuk per orang Rp 3.100 dan biaya untuk kendaraan yang dibawa. Setelah itu, kita akan mendapatkan akses penuh ke Waduk Gajah Mungkur beserta fasilitas-fasilitas yang lain.

Tempat yang dikelola oleh pemerintah daerah be ser ta warga sekitar ini terbilang cukup leng kap fasilitasnya. Baik untuk anakanak ataupun orang de wa sa yang ingin se ka dar me nikmati pe man da ngan Waduk Gajah Mungkur. Setelah memasuki areal parkir, banyak pen jual suvenir dan minuman serta ma ka nan ringan yang ber jajar di sepanjang areal taman Wa duk Gajah Mung kur. Sou venir yang di jual merupakan hasil kar ya penduduk se ki tar, dan dapat dibawa pulang dengan merogoh kocek Rp 2.000Rp 10.000.

Gunakan kepandaian dalam menawar, dan pastikan harga yang didapat tidak terlalu mahal dari harga sebenarnya. Di depan tempat penjual suvenir kita bisa mencoba permainan fl ying fox hanya dengan Rp 10.000 untuk sekali luncur. Kebanyakan pe minat fl ying fox di sini adalah anakanak, namun tidak jarang orang dewasa ikut mencoba. Puas bermain fl ying fox, rugi rasanya bila tidak mencoba naik kapal mengelilingi danau.
Quote:
“Kalau datang ke Waduk Gajah Mungkur rasanya ku rang lengkap kalau nggak naik kapal,” kata Andi, pengunjung dari Kara nganyar. Kapal yang disewakan merupakan milik penduduk sekitar, jenisnya pun beragam. Ada becak air dengan harga Rp 4.000 per jam, kapal bermotor Rp 6.000 dengan fasilitas mengelilingi keramba yang dikelola oleh PT Aqua PDAM serta Rp 10.000 untuk speed boat dengan fasilitas yang sama namun memuat penumpang lebih sedikit. Hal yang perlu dipe r hatikan dalam menaiki ka pal bermotor dan speed boat adalah penggunaan pe lampung.
Quote:
Walaupun keamanan ter jamin namun untuk ber jagajaga lebih baik memilih kapal bermotor de ngan pelampung yang memadai. Karena air Waduk Gajah Mungkur yang cukup dalam yaitu 10 meter. Selain fasilitas di atas kita juga bisa mencoba menaiki gajah di samping panggung dan berputar area Taman Waduk Gajah Mungkur mengen darai kereta mini. Puas mencoba berbagai fa silitas yang ada, perut pun terasa lapar. Tidak perlu keluar dari Taman Waduk Gajah Mungkur. Di daerah ini kita bisa menemukan banyak tempat makan yang menyajikan berbagai macam ikan segar yang telah diolah dengan cara dibakar atau digoreng.

Harganya pun cukup murah dan porsi yang disajikan juga tidak sedikit. Jika tidak terlalu suka de ngan olahan ikan, kita bisa menikmati hidangan pecel ndeso yang dijual di Taman Waduk Ga jah Mungkur. Sambil me nikmati live music akan terdengar dari panggung untuk menghibur pe ngun jung yang hadir. (sinta/ jul/den)
Quote:
Spoiler for Pintu Masuk


Spoiler for PLTA


Spoiler for Air Waduk


Spoiler for Dermaga


Spoiler for Pintu Air Waduk


Spoiler for Pemadangan